6 Ikhtiar untuk Meminimalisir Kejahatan e-Money di Gerbang Tol

Dewasa ini, masyarakat khususnya para pengendara dihebohkan dengan peristiwa kejahatan yang terjadi di gerbang tol. Kasusnya yaitu tentang e-Toll card seorang pengendara yang dipinjam oleh pengedara lain, lalu dibawa kabur. Ya, Anda harus waspada dengan kejahatan seperti ini dan potensi kejahatan lainnya. Berikut 6 ikhtiar yang bisa Anda lakukan.

Jalur GTO

1. Beri Tanda Tangan pada e-Money Anda

Jika Anda pengguna e-Toll card, jangan lupa untuk memberi tanda tangan di bagian belakangnya, agar e-money Anda tidak tertukar  dan bisa membedakan. Jangan pernah menyepelekan hal-hal yang dianggap kecil. Bisa saja itu menjadi besar nantinya. Anda harus bisa berkaca pada kasus kejahatan yang terjadi belakangan ini. Ambil pelajaran dari sana.

2. Jangan Mudah Meminjamkan e-Money kepada Orang Tak Dikenal

Memang, sebagai makhluk sosial, kita harus saling tolong-menolong dalam kebaikan. Begitu juga dalam hal meminjamkan e-money kepada pengendara lain. Boleh saja jika Anda ikhlas, tapi Anda juga harus waspada. Ingat, tidak semua orang benar-benar butuh bantuan, ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi dan kondisi untuk berbuat jahat. Waspadalah.

3. Pilih e-Money Bergambar Unik

Tujuan memilih e-money bergambar unik yaitu agar tidak tertukar dengan milik orang lain. Jika Anda belum memiliki e-money dan berencana memilih e-Money produk dari Bank Mandiri, maka pilihlah yang bergambar unik. Bank Mandiri memang menyediakan e-Money yang bergambar. Inilah salah satu cara meminimalkan risiko tertukar di GTO.

4. Jika Perlu, Pasang Stiker Khusus pada e-Money Anda

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki e-Money, Anda bisa memberi e-Money dengan stiker khusus. Tujuannya masih sama, untuk membedakan dengan punya orang lain. Anda bisa mendapatkan stiker khusus tersebut di online store. Kalau bisa, pilih stiker yang paling unik dan jarang dipilih oleh orang lain.

5. Jangan Malas Cek Saldo e-Money

Sebagian orang mungkin menyepelekan hal ini. Saldo di dalam e-Money yang tidak begitu besar masih menjadi alasan utama. Itu hak masing-masing orang. Namun, jika Anda ingin menghindari tindak kejahatan, terutama saat melakukan transaksi, cek lah saldo secara rutin. Itu bisa dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan e-Money.

6. Pastikan Anda Melakukan Top Up di Tempat Resmi dan Terpercaya

Setiap produk uang elektronik memang berbeda-beda lokasi top up-nya baik untuk pengguna produk dari Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan BTN. Yang paling penting yaitu Anda harus melakukan top up di tempat yang resmi (recommended). Jangan tergiur dengan tawaran-tawaran menarik tapi legalitasnya dipertanyakan.

E-Money memang memiliki banyak manfaat, seperti bisa membuat transaksi lebih cepat, mampu menghindari uang palsu, dan menghindari kesalahan uang kembalian. Namun, dibalik itu semua, Anda juga mesti memerhatikan potensi-potensi kejahatan e-money yang terjadi di GTO. Ada oknum-oknum yang memanfaatkan itu. So, Anda harus tetap waspada.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Ikhtiar untuk Meminimalisir Kejahatan e-Money di Gerbang Tol"

Post a Comment