6 Bagian Dari Generator Set Yang Perlu Diketahui

Pada sebuah unit seperti generator set, pasti terdapat bagian-bagian atau komponen yang memiliki fungsi masing-masing sehingga dari satu kesatuan komponen tersebut dihasilkanlah listrik. Melihat dari banyaknya bagian pada genset, tidak heran jika harga genset ada yang mahal, apalagi jika komponennya berasal dari negara luar dan kualitasnya bagus.

Semakin pesatnya perkembangan dunia mesin genset dan diesel, membuat semakin bertambah pula produsen genset, baik dalam negeri maupun luar. Harga yang ditawarkan juga semakin bervariasi, tergantu dari merk, tipe, jenis dan kapasitasnya. Sebut saja salah satu merk dari luar yaitu Perkins, yang dijual dengan pilihan harga bermacam-macam, ada harga genset Perkins yang dibandrol dari jutaan hingga puluhan juta.

Dari pihak penjual genset, tidak sembarangan juga dalam menetapkan harga, terlebih untuk distributor resmi suatu merk genset. Mereka biasanya menawarkan harga berdasarkan harga pasaran yang berlaku, kualitas barang, spare part yang digunakan dan lainnya. Selain tersedia genset yang sudah jadi dan siap pakai, adapula penyedia jasa yang memberikan layanan custom atau membuat genset sesuai permintaan sehingga genset ini nantinya bisa digunakan untuk keperluan khusus. Namun, untuk harga genset custom tentu saja akan lebih mahal karena perlu melalui proses pembuatan yang menghabiskan waktu, tenaga dan uang. Jadi, jangan heran jika harganya lumayan tinggi.

Generator Set

Sebenarnya, ada beberapa komponen utama atau inti pada sebuah genset, yang biasanya rata-rata hampir semua genset dari merk apapun pasti menggunakan komponen ini. Apa sajakah itu?

1. Mesin 
Mesin memegang peranan yang sangat penting karena fungsinya sebagai sumber energy. Karena hal ini pulalah yang menjadikan mesin sebagai komponen utama pada genset. Hampir semua genset memerlukan adanya mesin, jika tidak ada mesin maka sebuah genset tidak akan ada artinya. Prinsip kerja secara sederhana pada mesin dapat dijelaskan seperti berikut: mesin yang bekerja akan membuat perputaran rotor sehingga akan memunculkan medan magnet pada bagian stator. Medan magnet ini akan terhubung dengan rotor yang akhirnya menghasilkan arus listrik.

Komponen mesin yang dipakai pada sebuah genset juga dapat mempengaruhi harga jual genset. Seperti beberapa genset merk luar misalnya harga genset Perkins, merk Deutz, Yanmar dan lainnya.

2. Stator
Pada pembahasan tentang mesin tadi sudah disebutkan tentang stator. Ini merupakan komponen yang berisi satu set konduktor listrik, biasanya berupa bentuk gulungan.

3. Control Panel
Demi pertimbangan keamanan dan kemudahan dalam melakukan pemeriksaan, dibuatlah control panel pada genset. Control panel merupakan bagian yang berfungsi untuk menunjukkan beberapa hal penting terkait ukuran tegangan, frekuensi dan arus. Bagian Control panel dibuat dengan perlindungan yang baik untuk melindungi bagian dalamnya dari kerusakan, korosi, debu dan efek cuaca.

4. Alternator
Bagian ini dapat juga disebut dengan “Genhead”, merupakan komponen yang menghasilkan listrik dari sistem mekanis dalam mesin. Di dalam alternator terdapat pula bagian-bagian yang menyusunnya seperti stator dan rotor. Bagian penyusun pada alternator ini bekerja secara bersinambungan untuk menghasilkan listrik.

5. Pembuangan Udara (Exhaust & Ventilation)
Pada sebuah genset yang menghasilkan gas buangan diperlukan adanya komponen berupa Exhaust & ventilation. Selain berfungsi sebagai tempat pembuangan, juga dapat berperan sebagai peredam suara. Biasanya, genset ada yang mengeluarkan gas buangan berupa asap yang mengandung zat kimia sehingga perlu dibuang atau dikeluarkan dari dalam mesin genset.

6. Fuel Tank
Dipakai sebagai tempat pengisian bahan bakar dari genset, ada yang berupa solar, bensin atau gas. Bagian ini memiliki ukuran yang disesuaikan dengan kapasitas mesin genset. Jika genset dengan kapasitas daya besar, maka bagian tangkinya juga besar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Bagian Dari Generator Set Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment